Selasa, 01 Januari 2019

Tugas 2 - Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern

Mobile Application

Aplikasi Mobile memiliki beberapa tipe Aplikasi Software yang berjalan di perangkat mobile, smartphone atau komputer (tablet). Aplikasi Mobile berfungsi sebagai penyedia layanan serupa seperti ketika seseorang akses via PC. Aplikasi biasanya berukuran kecil, dan fungsinya terbatas.  Penggunaan Aplikasi Software dipopulerkan oleh Apple Inc. dan App Store, yang menyediakan banyak aplikasi untuk iPhone, iPad dan iPod Touch
Pada dasarnya seseorang menggunakan Aplikasi yang berada di perangkat mobile kita untuk berbagai tujuan. Aplikasi diklasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu Native, Hybrid dan Web.
.Native Apps dikembangkan untuk satu spesifik platform seperti Android, iOS atau Windows. Hybrid Apps dikembangkan untuk beberapa platform. Sedangkan Web Apps adalah halaman Web yang sudah dioptimalisasikan dengan ukuran mobile.

Latar Belakang

Hasrat manusia pada dasarnya untuk tetap dapat berkomunikasi melibas kendala batasan ruang dan waktu pada akhirnya memicu usaha untuk menciptakan alat untuk menjembatani keterbatasan tadi. Kode-kode yang dikirimkan secara konvensional berupa visual dan suara yg sederhana masih menyisakan ketidakpuasan komunikasi jarak jauh manusia, efektifitas dan efisiensi pada asap, bunyi, tanda morse, tentu belumlah cukup. Sedikit melompati masa, lalu ditemukan telegraf hingga kemunculan telepon (kabel) kemudian telepon tanpa kabel yang kemudian disebut ponsel (telepon selular). Evolusi ini kemudian berubah revolusi fungsi dan kemampuan yang dimiliki oleh ponsel. Kecanggihan teknologi mendorongnya menjadi selain fungsi bukan hanya sekadar telepon tapi juga fungsi tambahannya. Kesadaran dan yang perlu dipertimbangkan adalah dampak yang dibawanya punjuga semakin canggih. Salah satu nya yaitu Aplikasi E-Learning yang dapat membatu seseorang untuk mempelajari sesuatu via mobile.
Tujuan
Mobile Learning
(M-Learning) didefinisikan   oleh   Clark   Quinn   (2006) sebagai : The intersection  of  mobile  computing  and e-learning:     accessible     resources wherever  you  are, strong search capabilities,    rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based  assessment.  Elearning independent of location in time or space. Merujuk  dari  definisi  tersebut  maka, m-learning adalah  model pembelajaran  yang   memanfaatkan   teknologi   informasi dan komunikasi. Pada konsep pembelajaran  tersebut  m-learning  membawa  manfaat  ketersediaan materi ajar yang dapat di akses  setiap   saat   dan   visualisasi   materi yang  menarik.
Hal penting yang  perlu  diperhatikan   bahwa   tidak   setiap   materi  pengajaran cocok memanfaatkan m-learning.  Mobile  learning  dapat  didefinisikan  sebagai  suatu  fasilitas  atau  layanan  yang memberikan   informasi   elektronik   secara umum kepada pembelajar dan content  yang edukasional   yang   membantu   pencapaian pengetahuan tanpa  mempermasalahkan lokasi  dan  waktu.  Sistem  m-learning ini memanfaatkan   mobilitas   dari   perangkat handheld/mobile,  seperti  handphone  dan  PDA,   untuk   memberikan   suatu   fungsi  pembelajaran   yang   dapat   dilakukan   di manapun dan kapan pun.

Metodelogi
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi mobile berbasis android yang dapat digunakan oleh dosen atau siswa, guru, dll untuk melakukan pembelajaran dengan mobile, sama seperti beberapa project penelitian ini juga menggunakan metode SDLC dalam pengembanganya, berjalan pada semua platform android maupun IOS.

Hasil

Dengan adanya aplikasi È-learning ini akan memudahkan para pelajar untuk melihat informasi terkait pembelajaran-pembelajaran secara mobile, diantaranya:
1.       Sistem terintegrasi dengan informasi yang sudah ada (valid).
2.       Sistem terintegrasi dengan sistem e-informasi yang sudah ada.
3.       Sistem dapat memberi informasi sesuai E-learning yang dibuat sesuai tema.

Kesimpulan

Bahan pembelajaran E-learning mobile ini dapat menjadi suplemen bagi para penggunanya walaupun sifatnya hanya optional tapi dapat di manfaatkan. Kedepanya sangat memungkinkan jikan Aplikasi mobile E-learning ini diberikan tambahan dapat berinteraksi secara online, dan dapat membrikan informasi secara real time.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar