Sabtu, 17 Oktober 2015

Sistem informasi pada perusahaan PT.Gojek indonesia

           Penggunaan teknologi informasi saat ini terus berkembang dan ternyata banyak
memberikan timbal balik yang positif. Seperti banyaknya peluang bisnis baru yang
tercipta khususnya pada pemanfaatan internet.Perkembangan teknologi informasi
tersebut memungkinkan setiap orang dengan mudah melakukan kegiatan jual-beli melalui
jaringan komputer, baik dengan menggunakan internet, ekstranet atau pun intranet.

          Sebelum kita masuk lebih jauh membahas kemajuan teknologi ini kita akan membahas sedikit  tentang sim, apa sih itu sim?

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah menurut O’Brien (2002) dikatakan bahwa SIM
suatu sistem terpadu yang menyediakan informasi untuk mendukung kegiatan
operasional, manajemen dan fungsi pengambilan keputusan dari suatu organisasi. Sistem
Informasi   Manajemen   (SIM)   merupakan   sistem   informasi   yang   menghasilkan   hasil
keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang
diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen (Wikipedia,
2010) 
           Disini sim berperan sangat penting sim memiliki beberapa fungsi untuk perusahaan
yaitu:
       1.Mendukung operasi Bisnis
       2.Mengambil keputusan Managerial
       3.Mendukung keunggulan Strategi

         Peranan sistem informasi untuk operasi bisnis adalah untuk memproses transaksi
bisnis, mengontrol proses industrial, dan mendukung komunikasi serta
produktivitas kantor secara efisien
         Sistem Informasi Manajemen menyediakan informasi untuk mendukung
pengambilan keputusan manajemen.
         Sistem informasi dapat memainkan peran yang besar dalam mendukung tujuan
strategis dari sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat bertahan dan sukses
dalam waktu lama jika perusahaan itu sukses membangun strategi untuk melawan
kekuatan persaingan yang berupa :
a. Persaingan dari para pesaing yang berada di industri yang sama,
b. Ancaman dari perusahaan baru,
c. Ancaman dari produk pengganti,
d. Kekuatan tawar-menawar dari konsumen,dan
e. Kekuatan tawar-menawar dari pemasok

          Apa itu E-Commerce?
Menurut O’Brien (2011), E-Commerce adalah pembelian, penjualan, pemasaran, dan
pelayanan produk, layanan, dan informasi melalui berbagai jaringan komputer. Banyak
perusahaan sekarang menggunakan internet, intranet, extranet, dan jaringan lain untuk
mendukung setiap langkah dari proses komersial, termasuk segala sesuatu dari dukungan
iklan, penjualan, dan pelanggan di World Wide Web untuk keamanan Internet dan
mekanisme pembayaran yang memastikan penyelesaian pengiriman dan proses
pembayaran. Sebagai contoh, sistem e-commerce termasuk situs Web Internet untuk
penjualan online, akses ke database  persediaan ekstranet oleh pelanggan besar, dan
penggunaan intranet  perusahaan dengan  tenaga penjualan untuk mengakses catatan
pelanggan untuk manajemen hubungan pelanggan

          PT. Gojek Indonesia (Go-jek), pertama kali didirikan oleh Nadiem Makarim pada
tahun 2010. Go-Jek adalah perusahaan berjiwa sosial yang memimpin revolusi industri
transportasi Ojek. Go-Jek bermitra dengan  para pengendara Ojek berpengalaman di
Jakarta, Bandung, Bali & Surabaya dan menjadi solusi utama dalam pengiriman barang,
pesan antar makanan, berbelanja dan berpergian di tengah kemacetan. Tukang ojek yang
bernaung di GoJek juga sudah mencapai 7.500 driver di area Jabodetabek saja.  Dengan
perkembangannya yang pesat ini, kabarnya Go-Jek telah menuai prestasi sebagai Juara 1
dalam kompetisi bisnis Gobal Entrepreneurship, Program Indonesia (GEPI)  di Bali.
Selain itu, Go-Jek telah memperoleh berbagai penghargaan dari komunitas bisnis
maupun sosial.
Di situs resminya disebutkan Go-Jek memberikan layanan jasa  kurir (90 minute
delivery anywhere in the city), Jasa transportasi (transparent pricing, free shower cap and
masker), Jasa delivery makanan (delivering your favorite food under 60 minutes in
Jabodetabek) dan Jasa belanja dengan nominal dibawah 1 juta rupiah (shop for food,
ticket, medicine, anything under RP 1.000.000. we`ll pay for it first). Go-Jek dapat
dipesan melalui Go-Jek App yang bisa diunduh melalui Play Store maupun App store.
Dalam waktu 1 bulan aplikasi ini sudah berhasil mencapai 150 ribu download, dengan
rating 4,4 dari 5 bintang. Untuk pembayarannya pun memiliki 2 cara yaitu cash atau
menggunakan Go-Jek Credit. Go-Jek Credit adalah metode pembayaran GO-Jek yang
dibuat cashless dan dapat digunakan untuk membayar semua layanan.
Go-Jek mempunyai beberapa pelayanan yaitu :
1.Instant Courier
Instant Courier atau jasa pengiriman barang, Go-Jek bisa dimanfaatkan  sebagai
pengiriman barang secara "real time". Biaya yang dibayar tentu saja sesuai dengan jarak
tempuh yang secara otomatis sudah tertera di aplikasi. Baik dokumen maupun barang
bisa diantar. Dengan catatan untuk barang yang akan dikirimkan tidak boleh melebihi
dari pada jarak stang motor dan tinggi pengemudi.

2.Transport
Transport atau jasa transportasi, sesuai dengan  namanya Go-Jek dimanfaatkan
sebagai media transportasi khususnya diwaktu  macet dan disaat kesulitan mencari
transportasi publik.Kelebihan pada Go-Jek adalah pada awal pemesanan kita
menentukan dimana keberadaan calon penumpang dan mementukan tujuan, dan seketika
aplikasi memberikan konfirmasi harga yang harus dibayar oleh calon penumpang.

3.Food Delivery

Food Delivery  atau jasa pengiriman makanan, dengan layanan ini kita bisa order
makanan di restoran favorit kita tanpa harus pergi kesana. Tinggal order lalu beritahu
saja di aplikasi restoran yang kita maksud dan menu apa saja yang ingin kita order.
Bahkan didalam layanan  ini sudah  ada jenis-jenis  makanan yang direkomendasikan
sehingga memudahkan.


     Jadi intinya PT.Go-Jek indonesia menggunakan sistem ,yaitu sistem informasi dan E-Commerce
untuk membantu jalanya perusahaan mereka yang mana bergerak dalam bidang teransportasi,
perbelanjaan,yang mana semua di lakukan dengan online.




www.go-jek.com
https://id.wikipedia.org/
https://lizanda.wordpress.com/2008/05/10/13/
http://dokumen.tips/education/peranan-sistem-informasi-manajemen-pada-gojek.html

3 komentar: