Minggu, 18 Maret 2018

Proses Pembuatan Animasi Dengan Flash

Berkaitan dengan tugas softskill yang mengharuskan membuat animasi dengan salah satu software, yang dimana saya akan menjelaskan cara pembuatan animasi secara sederhana menggunakan flash,

Animasi yang akan saya buat adalah animasi yang menggunakan banyak frame dalam satu layar, atau bisa disebut satu layar dengan bayak gambar yang di gabungkan dan di jalankan dengan menggunakan timeline.

Proses pertama yaitu :


  1. Buka software flash yang sudah dimiliki, lalu kemudian buat project baru dengan nama yang di inginkan.
  2. setelah sudah kita akan melihan tampilan awalnya yang mana nanti akan terlihat ada frame dan stage, frame itu dapat di artikan tempat kita mengatur timeline nya dan stage tempat gambar kita letakan.

  3. Kita dapat melihat di sebelah kirinya terdapat tools yang dapat membatu kita untuk membuat animasi , seperti adanya shape, oval, brush , free scale dll.
  4. Sekarang kita akan mencoba membuat animasi lingkaran bulat yang bergerak, pada menu tools kita pilih shape oval kemudian kita buat oval pada nagian stage.dengan warna yang berbeda dari background.
  5. Setelah sudah kita akan memanfaatkan salah satu dari fungsi frame yaitu insert keyframe itu berfungsi untuk merekam segala perubahan yang kita lakukan setiap kali kita ubah.
  6. Dari oval yang kita buat sekarang lakukan beberapa kali save keyframe untuk menyimpan segala perubahanya disini kita coba sekitar 10 keyframe dan masing-masing memiliki perubahnya sendiri.
  7. Setelah semua selesai dalam aplikasi flash ini kita tinggal lakukan ENTER untuk play hasilnya dan akan berjalan sesuai yang sudah kita buat.
  8. Untuk dapat menyimpan hasilnya dan menjadikanya animasi kita dapat meng export nya dengan cara pilih pada menu file export kemudian pilih export movie sesuai format yang kalian buthkan.
  9. Dan inilah hasil dari animasi yang sudah dibuat.
    TERIMAKASIH.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar